Senin, 28 September 2020

Jurnal Hexagonia 1

 



Bismillahirrahmanirrahim


Alhamdulillah... Alhamdulillah... Masih belum nyangka bisa ikut di kelas bunda produktif yang awalnya ragu mau ikut dan tidak. Tarik ulur maju mundur, akhirnya dengan bismillah dan izin suami mendaftarkan diri jadi mahasiswi bunda produktif.

🌸🌸🌸

Untuk denah rumah model hexagon yang telah diberikan, saya menampilkan rumah impian saya dan suami. Rancangan rumah masa depan yang sejalan dengan visi misi keluarga kami yang mengerucut ke sustainable living dan mengadaptasi metode permaculture dan ditambahkan aquaponik.

Khusus aquaponik, nanti akan ditanami berbagai jenis sayur-sayuran, buah-buahan, rimpang dan juga padi. Yang pastinya semua organik dan bebas zat kimia. Insya Allah..




Dalam denah rumah saya, didalamnya terdapat 7 ruangan yaitu:

1. Relaxing room : kamar tidur + kamar mandi, 

2. Spiritual room  : ruang ibadah yang difungsikan juga sebagai ruang diskusi membahas masalah agama, 

3. Science room : ruang perpustakaan untuk membaca berbagai kitab dan literatur serta membuat percobaan sederhana.

4. Healthy room : Ruang nge gym, yoga, senam dan TRE), 

5. Happy kitchen room : dapur yang juga difungsikan sebagai family room

6. Public room : ruang tamu, tempat menerima tamu.

7. Passion room : ruang menjahit dan membuat  hasta karya. 

Oh iya, di rumah hexagon ini kami menggunakan panel Surya biar semakin mensyukuri nikmat sinar matahari yang Allah berikan.

🌸🌸🌸

Untuk luar rumah, banyak proyek yang menanti, seperti kebun sayur, aquaponik, taman bunga, gazebo, pohon pisang, pohon kelapa, peternakan lebah, peternakan ayam dan peternakan sapi. Kotoran sapi akan dikumpulkan untuk selanjutnya dijadikan biogas untuk memasak.

Semua di kawasan rumah kami adalah 100% organik. Untuk sampah kami terapkan 3R, recycle, reduce dan reuse. Akibatnya, limbah disini hampir 0% karena semua sudah diolah di composter room. Dipilah berdasarkan jenisnya, diolah menjadi pupuk organik, diproses menjadi eco enzym ataupun dijadikan kerajinan tangan.


#HexagonCity

#Hexagonia

#KuliahBundaProduktif

#InstitutIbuProfesional







Tidak ada komentar:

Posting Komentar