Selasa, 24 November 2020

JURNAL HEXAGONIA ZONA E PEKAN 1

 

Bismillahirrahmanirrahim

Memasuki zona E, semakin terasa tantangannya. Semakin menyadari bahwa kebersamaan dan kerjasama adalah Hal terpenting dalam sebuah Tim. Jika ada yang tidak mau turut serta bergabung dan berdiskusi, maka akan terasa kesulitan dalam menyelesaikan tugas Kelompok.

Zona E, zona yang didalamnya kita diberi kesempatan untuk menggali lagi aktivitas apa yang akan dilakukan dalam milestone berjalan. Entah sebagai mahasiswa Bunda Produktif, sebagai warga Hexagon city ataupun sebagai anggota project passion.

Semua harus dijabarkan, didiskusikan sehingga menghasilkan aktivitas yang akan dilaksanakan bersama-sama dalam 1 cohouse.

Adapun aktivitas harianku sebagai mahasiswa Bunda Produktif dan sebagai warga Hexagon city adalah sebagai berikut :

Sedangkan aktivitas sebagai anggota Project passion adalah sebagai berikut :


Habit di milestone 1 yang telah selesai dilaksanakan adalah :

- Meminimalisir sampah

- Pilah Sampah organik dan anorganik

- Membuat ecobrik


Habit di milestone 2 berlangsung dari tanggal 16 November 2020 s/d 29 November 2020 dengan rincian tahapan yang kudu dilakuin :

- Membuat komposter
- Upcycle barang bekas
- Membuat MOL dari nasi basi
- Membuat POC, ZPT dan insektisida organik
- Membuat Eco-enzyme



Produk akhir tugas selama 6 bulan di kelas Bunda Produktif di  CH 3 sustainable living adalah  e-book. Banyak proses yang harus dijalani selama menuju project passion kami itu.

 Dari aktivitas masing-masing anggota cohouse 3 Sustainable living dirangkum dalam sebuah denah aktivitas yaitu :

Action 1. Memperkaya referensi

Aktivitas yang dilakukan untuk memperdalam wawasan adalah melalui buku, video dll juga dengan praktek langsung di lapangan.

Action 2. Diskusi

Dengan bekal referensi dan praktek, saatnya berdiskusi dengan anggota cohouse lainnya. Pada saat Diskusi banyak Hal positive yang bisa diambil. Dari pengalaman masing-masing anggota cohouse dalam mempraktekkan milestone 2 dengan segala trial dan error akan memperkaya ide.

Action 3. Menulis

Setelah ilmu didapat dan praktek telah dilakukan, waktunya menulis segala Hal terkait passion kita di cohouse 3. Untuk Saya pribadi karena sudah mendalami aquaponik dan juga membuat MOL dari nasi basi, maka ke-2 Hal tersebut yang akan Saya bagikan dalam e-book nantinya. Insya Allah..




#HexagonCity
#ZonaE
#ProjectPassion
#KuliahBundaProduktif
#InstitutIbuProfesional


Tidak ada komentar:

Posting Komentar