Minggu, 06 November 2016

Tips menjaga lingkungan

Halo Bunda cantik nan sholehan... Bumi ini sudah semakin tua, dan lapisan ozon juga semakin tipis. Coba lihat semakin tipisnya lapisan es di kutub utara, hutan Indonesia yang merupakan paru- paru dunia juga semakin terdegradasi akibat kebakaran hutan, perambahan, dan alih fungsi lahan.
Yuuk..yang masih sayang sama bumi, Saya ADA tips hemat energy buat menjaga lingkungan alias go green Demi keberlangsungan kehidupan anak cucu kita.
1. Pisahkan sampah plastik Dan non plastik. Plastik sangat susah terurai di alam. Membutuhkan tahunan waktu buat terurai sempurna. Sekarang sudah banyak kok bank sampah yang mampu mendaur ulang sampah plastik menjadi aneka kerajinan, Misalnya tas, payung, dompet, DLL.
2. Sampah dapur, misalnya ikan, kulit telur, nasi sisa, DLL bisa dibuat menjadi kompos cair. Ataupun kalo tidak mau repot, sumbangkan nasi sisanya ke Tetangga sebelah yang punya peliharaan ayam atau bebek. :)
3. Sampah sayuran jangan langsung masuk tempat sampah, masih bisa kok ditanam di polybag atau tempat air mineral gelas... Banyak jenis sayuran Dan buah yang sangat mudah tumbuh, meskipun asal tancap. Misalnya wortel, kangkung, bawang, nenas, bawang bombai, sawi, DLL.
4. Pada saat mandi, Lebih baik menggunakan shower daripada gayung. Dijamin lebih irit air..
5. Ayo beralih ke popok kain... Memang sih terasa mahal, tapi yakin deh, popok sekali pakai jauuuuh lebih mahal Dan tidak ramah lingkungan. Berapa batang pohon yang ditebang buat dijadikan sekantong popok.
6. Buat cewek - cewek Dan ibu-ibu yang sudah menstruasi, saya saranin pakai pembalut kain. Dijamin lebih ekonomis, lebih higienis tanpa takut terkena pemutih ataupun bahhan kimia lainnya. Sekarang banyak kok dijual di pasaran atau di online shop.
7. Nah yang paling keren nih, ayo tanam pohon. Banyak manfaat yang diperoleh Dari sebatang pohon. Udara jadi bersih, bisa jadi tempat naungan, sebagai penyimpan cadangan air, Dan yang paling penting bisa jadi amal jariah... Bener deh.. Insyaa Allah...

Masih banyak cara buat menyayangi bumi... Kalo mau ditambah..nyokkk silahkan...

So... Mari sama-sama menghijaukan bumi :)

#owop
#iipsulsel
#rumbeliipsulsel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar