Minggu, 06 November 2016

NHW#3

NICE HOMEWORK #3

📚MEMBANGUN PERADABAN DARI DALAM RUMAH

a. surat cinta ke suami
Surat cinta telah saya sampaikan lewat email Dan respon suami saya hanya senyum Dan membalas email dengan kata "aamiin istriku tersayang". Just that... Dalam Surat yang kukirim memang lebih banyak DOA Dan harapan bagi kami berdua, anak-anak Dan rumah tangga kami

b. Potensi anak
A. Ghaly (6y 10 m)
1. Ghaly anak yang jika memasuki lingkungan Baru tidak langsung bisa berdaptasi. Dia berusaha mempelajari situasi Dan menyesuaikan diri pelan-pelan. Jika diibaratkan mesin mobil, maka Ghaly seperti mesin diesel, lambat panasnya. Hehehe... Tapi disinilah kekuatannya, jika ADA orang Baru yang tidak dikenal, maka dia tidak langsung menerima ajakan orang tersebut Dan bisa lebih berhati-hati. Insyaa Allah...
2. Ghaly termasuk anak yang berotak kanan. Data imajinasinya luarrrr biasa menurut saya. Gambarnya lebih memperlihatkan keterampilan anak berumur 12 tahun atau mungkin lebih untuk di umurnya yang baru 6 tahun. Waktu umur 4 tahun, gambarnya sudah sangat bagus, dan kini sudah semakin hidup. Dia bisa menvisualisasikan APA yang dilihatnya di kertas dalam bentuk gambar.
3. Hatinya Ghaly peka, mudah tersentuh dengan APA yang dirasakan orang lain.
B. Rakha (4y)
1. Rakha anak yang periang Dan mudah bergaul. Jika masuk di lingkungan Baru sangat mudah berdaptasi Dan menyesuaikan diri.
2. Rakha termasuk anak yang keras kepala Dan teguh pendirian. Jika dia merasa yakin dengan APA yang dilakukannya, maka tidak akan goyah apapun alasan yang kami sampaikan.
3. Rakha sangat menyayangi barang-barang miliknya Dan cenderung sulit berbagi. Tapi ini mungkin karena lebih ke faktor umurnya yang masih 4 tahun.
4. Rakha termasuk anak yang berotak kiri. Data tangkapnya cepat, mudah menghafal Dan cepat mengerti APA disampaikan Dan diperintahkannya.
C. Meysya (1y 5m)
1. Meysya anak yang lucu Dan menggemaskan menurut kami orang tuanya. Mulutnya yang sering dimonyongkan menghilangkan penat kami sepulang kerja. It's amazing...
2. Meysya di usianya yang belum mencapai 2 tahun, sudah mengerti perintah. Disuruh buang sampah, suruh ambilkan barang-barang, tunjukkan anggota badan sudah tahu semua.


Semoga anak-anakku sehat semua, sholeh Dan sholehan, jadilah anak-anak yang bahagia, jadi pemimpin keluarga dan ummat, penyejuk mata kami, berbudi pekerti mulia,  jadi manusia yang paling bermanfaat bagi sekitarnya... Dan... Menjadi penolong kami, orang tuanya di akhirat nanti. Aamiin..

c. kekuatan potensi diri saya.
- Saya adalah orang yang tidak sembarangan mengambil keputusan. Segalanya dipikir sampai akibat yang bakal ditimbulkannya dikemudian hari. Mungkin karena ini jualah sehingga Allah mempertemukan saya dengan suami yang sangat terbuka bahkan untuk urusan Kantor. Hal-hal yang krusial dalam pekerjaannya selalu didiskusikan dengan saya dan senantiasa meminta saran dan pendapat saya.
- Saya adalah tipe orang yang tidak cepat memvonis seseorang atau sesuatu bersalah. Selalu saya balikkan di diri saya bagaimana jika hal tersebut terjadi pada diri saya, dengan tetap berpatokan pada agama. Hal yang selalu saya ingatkan pada anak saya adalah, "jangan menyakiti orang kalo tidak mau disakiti".
3. Saya senang memperhatikan tingkah laku, watak dan karakter seseorang. Menilai dan menyimpulkan dalam hati. Mengambil sisi baik orang tersebut dan berusaha mengikuti kebaikan dari orang tersebut.
4. Saya orang yang saaaaangat penuh dengan kekurangan, suka malas, masih kadang marah sama anak dan suami. Namun, saya orang yang suka berproses dan belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari. Insyaa Allah.

d. Maksud Allah sehingga keluarga saya dihadirkan disini

Saya tinggal di BTP, dimana kaum pendatang ilegal banyak bermukim di depan rumah. Mereka meninggalkan kampung halamannya Dan mengadu nasib di Makassar karena lahan garapan kering di kampung sana. Rumah yang mereka bangun berbahan seng ataupun kayu seadanya. Walaupun 'mungkin' di kampungnya mereka cukup berada, namun disini mereka hidup seadanya.  Mungkin disinilah Allah berkehendak menempatkan kami bersama mereka untuk bisa membantu mereka, apapun ITU, entah pakaian, makanan ataupun kendaraan. Dengan harapan kami bisa menjadi manusia yang bermanfaat bagi sekitarnya, walaupun kadarnya masih saaaaangat kecil.

************
 "peran spesifik keluarga" saya di muka bumi ini adalah "menjadi keluarga yang paling banyak manfaatnya bagi manusia dan lingkungan sekitarnya". Cita-cita saya kedepannya adalah membangun panti asuhan. Semoga Allah meridhoi Dan memudahkan jalannya. Aamiin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar