Selasa, 15 November 2016

NHW#4

📚NICE HOME WORK #4

🍀MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FIITRAH 🍀

a. Terkait dengan Nice Homework #1 ,  sampai hari ini saya masih tetap memilih jurusan ilmu lingkungan hidup dan kehutanan di Universitas kehidupan ini.
b.  Terkait dengan Nice Homework #2,
Checklist harian insyaAllah masih istiqomah, walaupun belum 100% dijalankan. Misalnya dalam sehari masih ada sholat sunat yang bolong, atau sholat dhuha pernah tertinggal. Begitupula dengan perhatian terhadap suami belum begutu maksimal. Namun diluar dari itu semua, saya sangat yakin bahwa manusia itu berproses dan insyaAllah saya berproses ke arah yang lebih baik dari hari ke hari

b. Setelah membaca dan merenungkan kembali  Nice Homework #3, sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan saya di muka bumi ini. Bidang yang  insyaAllah akan saya kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat adalah :
Saya tertarik dengan hal-hal menyangkut lingkungan hidup dan yang terkait dengannya. Sering browsing tentang benda-benda recycle bin, walaupun pada kenyataannya belum bisa mengeksekusi semuanya. Paling tidak sudah ada yang diterapkan pada mainan anak. Ditunjang dengan pekerjaan saya di Kementerian Lingkungan Hidup dann Kehutanan, sehingga semakin menggiring opini dan pemikiran saya untuk mencintai hutan dan habitat hidup manusia. Untuk action dilapangan bisa dikatakan masih susah mengingat lokasi hutan Indonesia yang jauh di pedalaman dan saya bukanlah polisi hutan, sehingga saya merasa dapat memiliki peran di lingkungan perkotaan dengan melihat masalah yang paling krusial, yaitu limbah sampah dan pengolahannya.

Misi Hidup : membuat bumi lebih hijau dan indah
Bidang : lingkungan hidup dan kehutanan
Peran : Inspirator

c.  Untuk bisa menjadi ahli di bidang pengelolaan limbah maka saya menetapkan  tahapan ilmu yang harus dikuasai sebagai berikut :
  1. Bunda Sayang : Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak. Mengajarkan anak untuk semakin cinta Lingkungan.
  2. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga. Untuk bisa berkecimpung di lingkungan luar, maka harus mampu memanage waktu, waktu bersama suami, anak, kantor dan sosial.
  3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dll. Dengan ilmu finansial ini, dapat ditularkan ke kelompok pengelola limbah sampah.
  4. Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang. Bisa semakin ikhlas dan tulus dalam berbagi kebaikan dengan orang lain.
Disamping ke 4 ilmu di atas, yang mesti dikuasai adalah ilmu tentang cara pengelolaan limbah sampah, baik organik maupun anorganik, ilmu tentang lingkungan hidup, baik di darat, laut dan udara, dan semua yang terkait dengan lingkungan hidup dan kehutanan.

d. Milestone kehidupan saya
Saya menetapkan KM 0 pada saat ini, detik ini, di usia 35 tahun. Usia yang sudah tidak muda lagi. Namun tidak ada kata terlambat untuk memulai, terlebih dalam hal kebaikan.

Target yang akan dicapai :
  • KM 0 - KM 1 (Tahun ke 1) : Mencari informasi mengenai bank sampah, pengelolaan limbah, mengunjungi instansi dan lembaga terkait hal di atas.
  • KM 1 - KM 2 (Tahun ke 2) : Mengikuti seminar bertema lingkungan hidup dan kehutanan, membuat tulisan, jurnal yang dimuat tataupun tidak dimuat di media nasional.
  • KM 2 - KM 3 (Tahun ke 3) : Mengorganisir pemerhati lingkungan/akademisi/sekolah/paud untuk memberikan pelatihan pengelolaan sampah/tema cinta lingkungan.
  • KM 3 - KM 4 (Tahun ke 4) : Membangun bisnis berbasis pengelolaan limbah sampah dan melibatkan masyarakat kurang mampu.
e. Koreksi checklist NHW#2
- menambahkan waktu 2 jam dalam sehari untuk browsing/membaca artikel/buku tentang lingkungan hidup dan kehutanan, expecially tentang pengelolaan limbah sampah di bagian individu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar