Selasa, 03 Maret 2020

TAHAP 7 REFLEKSI BELAJAR




Bismillahirrahmanirrahim

Memasuki pekan ke 7 tantangan semakin mendebarkan. Kita dituntut mampu mengumpulkan dan meramu semua makanan utama dan cemilan dalam 1 meja namun tidak berlebihan.

Nah, setelah beberapa minggu mengembara di hutan belantara ilmu, memilah Dan memilih mana makanan yang dibutuhkan, akhirnya Saya merangkumnya dalam makanan utama sebagaidan cemilan. Untuk makanan utama masih berkutat di rumah Uluwatu Manajemen Waktu.



Penjelasan mengenai point penting dalam manajemen Waktu bisa dilihat di tahap 3 kelas Ulat-Ulat
//onealnelly.blogspot.com/2020/02/tahap-3-ini-keluargaku.html?m=1

Untuk cemilan Saya ambil sesuai mind map yaitu manajemen Emosi, Manajemen Financial, Public relation (yang paling mendekati adalah Komunikasi) Dan Fotografi-videografi.



1. Teknik sadar nafas

Teknik sadar napas ini erat kaitannya dg :
✔ relaksasi
✔ teknik jeda
✔ memahami emosi diri
✔ meminta maaf pada anggota tubuh yg terluka
✔ terapi untuk bersyukur
✔ terapi untuk merelease emosi negatif

Cara melakukan self healing dengan metode sadar nafas yaitu :


2. Reframing

Untuk reframing bisa dilihat dari penjelasan Mbak Una..







Tidak semua org menyadari bhw setiap harinya ada ribuan BAGIAN dari tubuh yg selalu mencoba memberikan kontribusi terbaik menurut fungsinya masing-masing.

APA ITU BAGIAN (Parts) ? 👉Dari sudut pandang agama "PARTS" sering diartikan sebagai sebuah pertarungan sisi baik dan jahat.
👉Beberapa pakar psikolog menyebutnya Parts Sbg subpersonality. Carl Jung menamakannya archetyoes-the Anima, the ego, the self, the shadow, dan malah mendorong org untuk menamainya sendiri, misalnya di dekil, si cerewet, sipongah.
👉Milton H. Ericson menamakannya Conscious dan Unconscious.
👉Transaction Analysis atau TA menyebutnya Adult, child, Nurturing Parent, natural child, yang semuanya adalah bagian2 (Parts) dari satu individu.
.
Kita blh menamakannya sesuai selera kita, bisa menyebutnya sisi rasional, sisi spiritual, bagian kreatif, bagian sadar ataupun peran ibu rumah tangga. 💞BAGAIMANA BAGIAN-BAGIAN (Parts) Terbentuk?💞
.
RH WIWOHO mengatakan ada dua hal yg mendasari part atau bagian terbentuk dan berkembang yaitu melalui PERAN dan EMOSI, yang kita mainkan sehari-hari keduanya membentuk jalinan dan untaian. Tentu saja semakin banyak peran maka dapat mempengaruhi atau menghasilkan emosi-emosi baru. Peran ini contohnya bisa berhubungan dengan keluarga (suami, anak, ibu, istri ayah, adik dll) dan juga pekerjaan atau lain2nya. Satu hal yang pasti bagian2 (Parts) ini berinteraksi.
.
BAYANGKAN, mereka seperti "keluarga dalam tubuh kita" analoginya bisa dilihat seperti di film "inside out" . Saat kita semakin berpengalaman dan belajar dari kehidupan maka bagian (Parts) ini semakin tumbuh dan berkembang dan juga melakukan peran2 fungsional dan terkadang disfungsional.
.
Bila keluarga yang ada didalam tubuh kita berfungsi sebagaimana mestinya pasti kita dapat menyelesaikan banyak persoalan dalam hidup kita

(Sumber : IG Mbak Rusna Meswari)

3. Investasi



4. Cash Flow

Contoh Cash Flow dalam pengaturan Keuangan rumah tangga



5. Grand Parenting


6. Komunikasi dengan Anak

Ada 5 cara menangani emosi anak, yaitu:
.
1. Akui perasaannya dengan kata-kata.
Stepnya:
a. Tahan diri dari membalas ucapannya,
b. Pikirkan emosi yang dirasakannya,
c. Sebut emosi itu dalam kalimat.
.
2. Akui perasaannya dengan tulisan
Contoh: "Ga enak ya rasanya kalo cuma adek yang dibeliin sepatu. Yuk tulis warna yang kakak pengin, jadi kita tahu nanti mau beli yang mana pas kakak udah saatnya beli sepatu baru."
.
3. Akui perasaannya dengan seni
Misal dengan menggambar ekspresi wajahnya, menggambar objek yang ia pengin, menyobek- nyobek kertas untuk menggambarkan rasa marah, dll.
.
4. Berikan dalam imajinasi
Contoh ketika anak pengin permen: "Nyenengin ya kalo tiap hari kita bisa makan permen. Kamu mau sarapan permen apa? Siangnya mau permen apa?"
.
5. Akui perasaannya tanpa suara
Cukup dengan kata- kata seperti "oh", "wah", dsb.


7.  SMART FOTOGRAFI FOR SMARTPHONE

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan smartphone untuk fotografi agar menghadirkan gambar/foto yang baik :


*******

Refleksi belajar Ala Saya  dapat dilihat disini



#janganlupabahagia
#jurnalminggu7
#materi7
#kelasulat
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar