Jumat, 10 November 2017

Tantangan hari ke - 5 #9

📚 *Tantangan Level 9* 📚

*Think CREATIVE*


Bekerja di ranah publik tidak membuat seorang ibu rumah tangga mampu meng handle segala-galanya. Di rumah terutama, walaupun telah dibantu oleh seorang asisten RT, namun kegiatan mendidik dan membersamai anak kudu tetap tugas wajib seorang ibu.

Mendidik san membersamai bukan sekedar menemaninya bermain ataupun membuat PR. Namun, bagaimana mengarahkan sang anak agar lebih bisa berkembang dalam segi fisik, motorik, sosial dan kemandiriannya.

Berbicara mengenai mandiri, hari ini emak, Ghaly dan Rakha menyusun tugas dan tanggung jawab sehari-hari bagi kedua anak lelakiku. Kami menyusunnya dengan konsep diskusi santai. Tanya kesanggupannya. Jika belum sanggup diabaikan, jika mampu ditulis dalam selembar kertas yang berisi kewajiban sehari-hari mereka menyangkut kemandiriannya. Mulai dari sikat gigi sebelum tidur, mandi 2x sehari, angkat piring setelah makan, rapikan tempat tidur, hingga baca wafa dan iqra.

Sebenarnya saya sudah pernahembuatkan aturan seperti ini. Namun lebih ke 1 arah saja karena tanpa diskusi dan m nanyakan kesanggupan mereka. Sehingga aturan yang dibuat jarang dilaksanakan.

Dalam role sehari-hari ini juga mencantumkan hukuman jika melanggar dan jika berkata tidak baik ataupun bertengkar diantara mereka. Hukuman yang ditulis murni mereka yang tentukan. Misalnya untuk yang berbicara kotor/tidak baik/mengejek hukumannya mulutnya dikasi cabe. Atau kalau bertengkar hukumannya duduk bersila dekat dinding.

Sebenarnya lucu juga sih, dengar hukuman yang mereka ajukan. Walaupun pada pelaksanaanya tidak begitu ketat, paling tidak anak sudah belajar untuk berdiskusi  dan nemecahkan masalah. Semoga kali ini aturan yang kami buat dapat dikaksanakan dengan sebaik-baiknya. Aamiin


*#Tantangan10Hari*
*#Level9*
*#KuliahBunsayIIP*
*#ThinkCreative*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar