Sabtu, 11 November 2017

Tugas Akhir Rumah Main Anak


*Tugas Akhir Member Rumah Main Anak*

1. visi dan misi keluarga.
Visi keluarga : menjadi keluarga yang paling banyak manfaatnya bagi lingkungan dan manusia
Misi :
- mampu memberdayakan masyarakat sekitar rumah dengan membuka lapangan pekerjaan
- menjadikan anak mandiri, berakhlak al-quran dan menguasai teknologi
- Membangun panti asuhan/pesantren (Aamiin, insya Allah)


2.  Output pendidikan anak yang ingin dicapai.
- konsep tauhid yang baik.
Anak mengenal dan mencintai Allah dengan baik dan mampu menghadirkan Allah dimanapun dan kapanpun, dalam kondisi lapang atau sempit, dalam keheningan ataupun keramaian. Dan tidak mengadakan sekutu Allah dalam kesehariannya.
- berkarakter dan berbudi pekerti mulia
Anak yang berkarakter insya Allah berbudi pekerti yang mulia. Hal-hal sederhana yang bisa dimulai di usia dini dan dalam kehidupan sehari-hari. Mengajarkan anak, jujur, disiplin, sabar, ramah, bertanggungjawab, percaya diri, berani, dll.
- mandiri
Kemandirian mutlak dilatih pada anak di setiap fase usianya. Mandiri terhadap kebutuhan pribadinya, dari mandi, makan, pakaian, bab/bak, dan jika sudah masuk fase baligh, mulai diajarkan mandiri finansial dengan menjadi enterpreneur.
- berwawasan lingkungan
Bumi yang kita tinggali smakin hari semakin terdegradasi. Hutan, air, tanah dan udara kualitasnya juga semakin menurun. Dengan mengajak anak untuk delat dengan alam, maka kesadaran lingkungannya juga akan terbangun. Tidak membuang sampah sembarangan, bijak dalam menggunakan plastik dan stereofom, menanam pohon, mampu mendaur ulang barang bekas/sampah, dll.

3. kurikulum pendidikan anak untuk satu bulan, terdiri dari:

A. Rakha (5y 2m)
tema pembelajaran : dunia binatang

 tujuan pembelajaran :
- anak dapat mengenal 10 jenis-jenis binatang yang ada di darat,
- anak dapat mengenal 10 jenis binatang yang hidup di air
- anak dapat mengenal 10 jenis binatang yang hidup di udara

 alat dan bahan :
- buku WWP
- video tentang binatang yang diperoleh dari youtube
- binatang yang ada di rumah
- binatang ternak tetangga
- binatang di kebun binatang
- spidol/crayon, kertas, mainan binatang

 rancangan kegiatan untuk satu bulan:
- membacakan buku WWP
- bermain peran binatang  dengan bayangan tangan dari lampu senter, anak menebak binatangnya dan menirukan suaranya
- menggambar binatang bersama
- menonton video binatang dan selanjutnya mengajak anak untuk menceritakan kembali binatang yang telah dinontonnya
- mengajak anak ke kebun binatang
- mengajak anak untuk memperhatikan binatang yang ada di rumah (kalau perlu ditangkap) dan kemudian memperhatikan bagian-bagian tubuh binatang dan fungsinya
- mengajak anak melihat binatang ternak milik tetangga
-bersama anak membuat miniatur kebun binatang dan meletakkan mainan binatangnya.

B. Meysya (2y 5m)
tema pembelajaran : warna dan benda disekitarmu

 tujuan pembelajaran :
- anak dapat menyebutkan 10 warna
- anak dapat menyebut  20 nama benda yang ada di dalam rumah

alat dan bahan :
- buku learning skills Ressa
- video anak di youtube tentang warna
- gambar-gambar benda di majalah/buku/brosur
- kertas, crayon
- gelas, air, pewarna, tisu
- balon warna warni
- sendok, mangkuk, coklat cha cha warna warni
- mangkuk, biji-bijian, pasir, slime, beras

 rancangan kegiatan untuk satu bulan:
- bermain tebak warna
- bermain tebak benda
- menggambar benda
- menyanyikan lagu pelangi, balonku ada 5, dll
- membuat percobaan sederhana, air yang berpindah ke gelas, dengan menggunakan 3 warna dasar
- meniup balon beraneka warna dan mengajak anak untuk.menebak warna
- memindahkan benda ke piring dengan menggunakan sendok, sesuai warnanya
- memindahkan benda (biji-bijian, pasir, kue, slime)  dengan tangan ke wadah lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar