Senin, 04 Desember 2017

Tantangan hari ke - 2 #10



๐ŸŽŠ๐ŸŽŠTantangan 10 Hari Kelas Bunda Sayang level 10 ๐ŸŽŠ๐ŸŽŠ

๐ŸŒˆMembangun Karakter Anak melalui Dongeng ๐ŸŒˆ


Kebahagiaan terbesar anggota IIP adalah ketika bisa bertemu langsung dengan pencetus, pendiri, dan maestro IIP. Seorang IBU yang betul-betul seorang IBU. Ibu dalam konteks yang sebenarnya. Aura keibuannya seantiasa terpancar dari wajah dan untaian kata-kata yang keluar dari mulutnya. Hanya energi positif dan kebaikan yang mewarnai pertemuan IIP Sulawesi dengan IBU SEPTI PENI WULANDARI.

Banyak ilmu yang kami dapatkan mengenai pengasuhan anak, juga nasehat bernas bagi kami ibu yang bekerja di ranah publik. Kalimat yang sangat cocok buat ibu-ibu rumah tangga adalah "Terlepas dari apapun yang dijalani saat ini, semua harus dilakukan dengan IKHLAS dan BAHAGIA. Jangan berkeluh kesah kepada manusia, sampaikan kepada  Sang pemilik hati dalam sujud-sujudmu". Seperti habis dicharge lagi. Dapat energi baru lagi untuk membersamai anak-anak

Sampai di rumah, berusaha melaksanakan wejangan bu Septi. Harus lebih sering bertanya sama anak. Harus lebih sering mengdengarkan apa yang disampaikan anak. Yup.... Bismillahirrahmanirrahim..

Ketika Sholat Magrib bersama telah selesai, Ayat Kursi dan tri Qul telah dilafazkan dan dihembuskan di ubun-ubun anak-anak. Mulailah emak bertanya tentang aktivitasnya hari ini. Apa yang paling mereka senangi hari ini. Apa yang Ghaly dan Rakha paling suka (makanan dan kegiatan), apa yang tidak disukai. Setelah itu memeluk mereka satu-satu sambil merapal doa dalam hati biar mereka jadi anak sholeh dan selamat dunia akhirat.

Setelah Ghaly selesai belajar (besok ujian semester), mulailah sesi bercerita dimulai. Karena Ghaly bertanya tentang tali seperti ular yang ada di adek bayi, maka emak cerita tentang tali pusar bayi. Emak menjelaskan bahwa "yang seperti ular itu adalah tali pusar atau tali plasenta. Tali yang menghubungkan ibu dengan bayinya.  Tali yang bertugas membawa darah berisi gizi dan oksigen dari plasenta ke janin. Apa yang dimakan oleh sang ibu, baik halal maupun haram mengalir ke bayinya melalui tali tersebut. Tali yang menghubungkan perasaan dan kasih sayang seorang ibu kepada anak yang dikandungnya. Oleh sebab itu, seorang anak tidak boleh berdosa dan berkata kasar kepada orang tuanya, terlebih kepada ibunya yang telah mengandung selama 9 bulan 10 hari dan melahirkannya dengan susah payah. Seorang ibu yang melahirkan, ibaratnya 1 kakinya di dunia dan kaki yang lain berada di kuburan". Tiba-tiba dengan wajah heran Ghaly nyelutuk "tidak patahji kakinya ibu???"

Gubbrakkkkk   ๐Ÿ˜ต๐Ÿ˜ต


Ibu Profesional
Bunda Sayang
Level 10
Tantangan 10 hari


#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP

1 komentar:

  1. Wow... respon nya anak-anak ada aja kadang bikin ketawa. Tapi memang seperti itu ya yang tergambar di khayalan nya jadi muncul pertanyaan tidak patah ji kakinya ๐Ÿ˜‚

    BalasHapus