Selasa, 05 Desember 2017

Tantangan hari ke - 3 #10






๐ŸŽŠ๐ŸŽŠTantangan 10 Hari Kelas Bunda Sayang level 10 ๐ŸŽŠ๐ŸŽŠ

๐ŸŒˆMembangun Karakter Anak melalui Dongeng ๐ŸŒˆ


Badan Rakha agak hangat tapi dia tetap asyik bermain di luar rumah. Virus cacar air telah menyerang badannya. Benjolan-benjolan kecil berwarna merah dan berisi cairan bening berjejer tak beraturan di bada, kaki, tangan dan wajahnya. Penyakit yang dia peroleh dari teman di sekolahnya yang hampir separuh kena cacar air. Sedih juga melihatnya. Saya sangat mengerti kondisinya, secara sudah mengalaminya di bangku kuliah. dan rasanya.... jangan ditanya ...sangat menyiksa. perih, panas dan gatal bercampur jadi satu. Waktu itu cacar airku terbilang parah...sangat parah. Benjolan-benjolan itu seolah berebutan menutupi seluruh permukaan wajahku dan membuat selama sebulan tiak berani liat cermin. Asli menakutkan ๐Ÿ˜ฃ๐Ÿ˜ฃ๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข



Alhamdulillah Rakha masih bermain seperti biasa. Mungkin karena anak-anak ya...sehingga kurang begitu peduli dengan segala kesakitan yang dia rasakan. Tsaaahhhh.... Tapi kalo malam datang dan waktu tidur sudah tiba. Mulailah drama itu. Rakha mengerang kesakitan. Benjolan 1 - 2 mulai meletus dan jika ini terjadi perihnya luar biasa. Sambil menenangkan Rakha, emak ceritakan dongeng tentang cacar air. Sebenarnya sih bukan dongeng, lebih ke ilmu tentang cacar air. Emak langsung berselancar di dunia maya cari all about cacar air, kemudian menjelaskan kepada Rakha tentang sakit yang dia derita. Untuk ukuran anak 5 tahun, lumayan banyak yang dia tahu dan dia serap terkait cacar air ini.


 Cacar air

Penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zoster ini umumnya ditandai dengan kemunculan ruam pada kulit sebagai gejala utamanya. Ruam tersebut akan berubah menjadi bintil merah berisi cairan yang terasa gatal yang kemudian akan mengering, menjadi koreng, dan terkelupas dalam waktu 7 hingga 14 hari.  Seperti penyakit lain yang juga disebabkan oleh virus, cacar air dapat sembuh dengan sendirinya (self limiting disease).

 tahapan perubahan ruam merah:
  • Ruam berubah menjadi bintil dan terasa gatal
  • Bintil biasanya berisi cairan, berdinding tipis, dan rentan pecah
  • Setelah beberapa hari, bintil akan mengering dan mengelupas dengan sendirinya
Usaha Emak dalam menangani cacar air Rakha :
  1.  Memberikan asupan gizi yang baik. Vitamin C, madu  dan Ekstra food jadi suplemen tambahan
  2. Perbanyak air putih dan air kelapa.. tapi air kelapa tidak disuka
  3. sampaikan ke Rakha agar tidak keluar dulu bermain di luar rumah, agar virusnya tidak menjangkiti tetangga yang lain. 
  4.  Rakha juga tidak boleh berlebihan bermain dengan Ghaly dan Meysya agar bintilnya tidak pecah dan biar tidak menular ke saudaranya.
  5. Sampai hari ini belum memberikan obat penurun demam ataupun obat yang lainnya.
  6. Senantiasa memberikan sugesti  bahwa sakit cacar itu adalah ketentuan Allah dan dapat menggugurkan dosa-dosa
Alhamdulillah Rakha enjoy dengan sakitnya. Bisa tidak ke sekolah... Bermain sepuasnya dengan Adek Meysya. Boleh nonton dinosaurus dan baby shark  ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

Ibu Profesional
Bunda Sayang
Level 10
Tantangan 10 hari


#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar