Sabtu, 09 Desember 2017

Tantangan hari ke - 6 #10




🎊🎊Tantangan 10 Hari Kelas Bunda Sayang level 10 🎊🎊

🌈Membangun Karakter Anak melalui Dongeng 🌈

Hari libur seperti sekarang ini, biasanya Ghaly dikunjungi atau mengunjungi sepupunya. Kali ini yang datang adalah Satria. Tapi ya...begitu deh, namanya anak-anak kalo sudah ketemu pasti heboh. Main bola dirumah, mainan dihamburin dan yang paling parah kalo membuat rumah seperti kubangan. Air dimana-mana... Balon warna wani diisi air dan dimainkan yang ujung-ujungnya balon pecah dan air pun membuncah keluar. Basah deh...

Biar rumah tidak semakin mirip kapal.pecah, emak memanggil semua krucils dan mendongengkan kisah Nabi Nuh. Kali ini pakai alat peraga. Kapalnya dibuat dari rangkaian stik kecil warna warni dan hewan yang banyak.

Kisah dimulai ketika Nabi Nuh yang berdakwah selama ratusan tahun untuk mengajak umatnya kembali ke ajaran tauhid. Tapi pada kenyataannya hanya sedikit yang beriman. Akhirnya Allah swt memerintahkan Nabi Nuh untuk membuat kapal yang besaaaaaar yang bisa memuat manusia dan binatang. Pada saat proses pembuatan kapal, Nabi Nuh menuai banyak ejekan dan cemoohan. Tapi semua itu tidak dipeduli.

Akhirnya waktu yang dijanjikan Allah tiba. Hujan turun dengan derasnya. Air. Tumpah ruah dari darindan memancar dari bumi. Umat Nabi Nuh yang beriman semuanya telah berdiam di kapal bersama binatang-binatang beraneka jenis dan berpasang-pasangan. Mereka semua selamat, kecuali umat yang mendustakan Nabi Nuh, diantaranya anak kandung beliau sendiri yang tidak mau ikut ke dalam kapal dan lebih memilih untuk berlindung di atas gunung yang tinggi. Tapi apa daya, banjir bah lebih tinggi dari gunung tersebut. Akhirnya hanya yang di dalam kapal yang selamat.

Ajaran moral dari kisah ini adalah

  • tidak perlu berkecil hati dengan semua ejekan dan hinaan, berserahdirilah hanya kepada Allah
  • Jangan pernah putus asa
  • Iman tidak dapat diwarisi. Contohnya putra Nabi Nuh yang tidak beriman
Cara penyampaiannya ke krucils lebih mengikuti gaya anak-anak, biar mereka lebih mengerti. Mereka sebenarnya menyimak, tapi sambil mainin binatang yang ada. Hehehe




Ibu Profesional
Bunda Sayang
Level 10
Tantangan 10 hari


#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination

Tidak ada komentar:

Posting Komentar